Monday 29 June 2009

Ternyata Ada Orang Indonesia menjadi Pasukan Elit Nazi

UserID: 539380
Join Date: Sep 2008
Location: Kebayoran Baru - Bekasi
Posts: 171
mailandri tidak memiliki reputasi
Ternyata Ada Orang Indonesia menjadi Pasukan Elit Nazi

Entah harus bangga atau kecewa...ternyata ada juga orang Indonesia yang menjadi tentaranya Hitler...



Foto orang di atas adalah orang Indonesia yang menjadi prajurit Waffen-SS!

Foto ini berasal dari Mark Bando, peneliti sejarah Amerika yang khusus meneliti unit-unit pasukan Parasut Amerika. Dalam salah satu penelitiannya tentang Divisi Airborne ke-101, dia bertemu dengan Wilson Boback, salah seorang veteran yang ikut bertempur di Belanda dalam Operasi Market Garden bulan September 1944. Unit Boback berhadapan dengan bagian dari pasukan Landstorm Nederland (simpatisan Jerman di Belanda) dan Boback berhasil membunuh salah satunya. Dia kemudian menggeledah mayat si prajurit, dan menemukan sebuah foto yang jelas-jelas merupakan orang Indonesia (saat itu masih bernama Hindia-Belanda) yang sedang memakai seragam Legion Nederland (kerah wolf's hook plus perisai dan cufftitle buatan Belanda), bersama dengan helm khas Jerman berkilauan lengkap dengan lambang LN.

Hal ini memperlihatkan bahwa setidaknya ada satu orang Indonesia yang pernah menjadi tentara Waffen-SS, dan kemungkinan besar dia tidaklah sendiri

Sumber nya disini

Tambahan apa itu Pasukan Waffen-SS
Spoiler for FYI Apa itu Waffen-SS:



wikipedia= Waffen-SS adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti, SS atau Schutzstaffel. Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka.

Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :

* Leibstandarte (pasukan pengawal pribadi Hitler);
* SSVT (SS-Verfuegungstruppe, atau pasukan khusus SS);
* dan SSVT (SS-Totenkopfverbaende, unit penjaga kamp konsentrasi SS).

Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah bendera Waffen-SS pada bulan Desember 1940.

Selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak menjadi kira-kira 40 divisi. Akan tetapi tidak semuanya beranggotakan orang Jerman. Ketika jumlah korban semakin meningkat, Waffen-SS menerima para sukarelawan asing untuk bertempur di bawah panjinya. Dimulai dari orang-orang Eropa Barat yang dianggap berkerabat dengan orang Jerman (Skandinavia, Belgia, Perancis, dan Belanda), barisan bersenjata SS ini kemudian dibanjiri oleh para sukarelawan Ukraina, Rusia, Kosak, Baltik, kaum Muslim Balkan, Soviet serta India).

Di medan perang, Waffen-SS, terutama divisi-divisi panzernya, sangat disegani oleh lawan maupun kawan. Akan tetapi kebanyakan unit lainnya, terutama yang berasal dari sukarelawan Balkan dan Uni Soviet kebanyakan tidak terpercaya.

Setelah perang, unit ini dihukum oleh Pengadilan Nuremberg sebagai sebuah organisasi kriminal. Hal ini bukan hanya dikarenakan keterkaitannya dengan kamp-kamp konsentrasi dan unit-unit pembunuh mobil SS namun juga karena tindakan kekejaman terhadap penduduk sipil maupun tawanan perang yang dilakukan sejumlah unit tempurnya.

Lebih lengkap lagi dalam bahasa inggris klik disini



Sorri gan klo

Komentar :

ada 0 komentar ke “Ternyata Ada Orang Indonesia menjadi Pasukan Elit Nazi”

Post a Comment

Silakan memberi komentar di sini, No SARA buat komentarnya

Advertisement

Archive

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN.