Monday 13 July 2009

Muslim Kashmir Yang Terlupakan


Juli 2009 ini, genap 78 tahun sudah konflik Kashmir yang melibatkan pembantaian ribuan orang Muslim Kashmir.

Senin kemarin (13/07), rakyat Kashmir diblok oleh polisi India dari jalanan. Bahkan sekolah dan kantor pemerintahan ditutup. 78 tahun lalu, pada 13 Juli 1931, sebuah peristiwa mengubah wajah Kashmir selamanya. Ribuan orang menyaksikan sebuah pembunuhan terhadap seorang remaja Muslim yang dilakukan oleh para penguasa India di Penjara Pusat, Srinagar. Karena sudah tengah hari, dan sudah memasuki waktu Salat, lelaki muda itu berdiri dan mengumandangkan adzan. Ray Zada Tartilok Chand, gubernur Dogra saat itu, langsung memerintahkan tentara untuk menembaknya di tempat ketika itu juga.

Ketika lelaki muda itu syahid terkulai di tanah dengan darah bersimbah membasahi bumi, seorang lelaki muda lainnya berlari ke tempatnya dan berdiri, dan kembali mengumandangkan adzan. Tentara India pun kembali menembaknya. Begitu seterusnya sampai terjadi 22 orang lelaki yang mati syahid karena tertembak ketika mengumandangkan adzan. Selama beberapa dasawarsa, lebih dari 80.000 korban jiwa tewas karena opresi penguasa India, dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Pada umumnya, Kashmir hanya dikenal sebagai daerah yang sudah lama terpecah belah oleh konflik, penuh dengan campur tangan militer dan pergolakan bersenjata. Di Kashmir ada tiga agama dan wilayah berbeda. Di Lembah Kashmir, 98 persen penduduknya Muslim. Gandhi memuji bangsa Kashmir karena sifat dasar mereka yang cinta damai dan bahkan menyebut Kashmir sebagai “sinar harapan dalam kegelapan”.

Akar dari konflik Kahsmir memang bisa dilacak pada momen pemisahan Pakistan dari India. Tetapi, perjuangan bersenjata sebetulnya baru dimulai ketika Muslim Kashmir, yang didorong oleh keberhasilan bangsa Afghan memerangi Soviet, meluncurkan gerakan serupa melawan India pada akhir 1980-an.

Yang terjadi setelah itu adalah 18 tahun perlawanan bersenjata. Namun demikian, perjuangan bersenjata tersebut akhirnya melemah karena tekanan internasional terutama setelah tragedi 9/11.

Pada tahun 2008, sejumlah protes masal muncul lagi di Kahsmir ketika pemerintah India mengusulkan untuk menggunakan tanah yang berukuran cukup besar di Kashmir untuk membangun sebuah kuil Hindu. Muslim Kashmir melihat usulan ini sebagai rencana untuk mengubah demografi Kashmir karena kehadiran kuil ini pasti melahirkan kompleks pemukiman Hindu yang baru. Penduduk Kashmir pun mulai melakukan protes terhadap India

Pada 18 Agustus 2008, lebih dari setengah juta orang turun ke jalanan Srinagar, ibukota Kashmir, dan berjalan menuju kantor Pengamat Militer PBB di India dan Pakistan( UN Military Observer Group in India and Pakistan, UNMOGIP) di daerah pemukiman Hindu Sonawar di Srinagar, untuk mengingatkan dunia bahwa isu Kashmir masih belum terselesaikan.

Selama ini yang beredar selalu menyebutkan bahwa konflik Kashmir lebih ditengarai sebagai konflik antara Islam dan Hindu. Padahal, di balik itu, rakyat Kashmir sepakat bahwa yang terjadi sekarang adalah penjajahan terselubung dari India terhadap Kashmir. Pada tahun 1948, PBB sudah menyerukan agar dilaksanakan referendum, apakah Kahsmir akan memisahkan dari India dan Pakistan. Namun, India selalu menolaknya. Bangsa Muslim Kashmir, yang sering digambarkan sebagai teroris dalam film Bollywood India, selamanya menganggap India sebagai negara penjajah karena telah terbukti merampas dan membatasi hak-hak mereka di tanah sendiri

Komentar :

ada 0 komentar ke “Muslim Kashmir Yang Terlupakan”

Post a Comment

Silakan memberi komentar di sini, No SARA buat komentarnya

Advertisement

Archive

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN.