Sunday 5 July 2009

Cendol

Sebenernya bukan Asal Usul juga sih, lebih ke Apa itu Cendol. Ya cuman mau persuade ppl aja kok.

Ngmg2 Agan - Agan tau ini kan kalau gatau gua nih hehehe.

Ini dia, gua browsing2 dan Inilah Hasilnya:

Spoiler for WikiEnglish:
Cendol [pronounced 'chen-doll'] or es cendol is a traditional dessert originating from Java, Indonesia, but is also popular in Malaysia, Singapore, and Southern Thailand (where it is called lorkchorng singapore ลอดข่องสิงคโปร์). The dessert's basic ingredients consist of shaved ice, coconut milk, starch noodles with green food coloring (usually sourced from the pandan leaf), and palm sugar. Red beans, glutinous rice, grass jelly, and creamed corn are optional additions. Cendol has become a quintessential part of cuisine among the multi-racial population in Southeast Asia and is often sold by vendors at roadsides, hawker centres and food courts.

Cendol vendors are also a common sight in Indonesian cities. In the Javanese language, cendol refers to the jelly-like part of the beverage, while the combination of cendol, palm sugar and coconut milk is called dawet.
A fancier version of cendol from Malaysia

In Malaysia, cendol is usually sold on the roadside by Mamak (Indian Muslim) vendors. It is common dessert fare in Singapore popularly found in dessert stalls, food centres, coffee shops and food courts, and served by vendors of various ethnic backgrounds. The first Indian-Muslim vendors learnt the skills of making cendol from the Javanese in Indonesia and brought the recipe and preparation methods with them to Malaysia and Singapore. Cendol is also popular as a snack, particularly after Friday prayers among Muslims.

The affluence of Singapore, as well as Western influence, has given rise to different variations of cendol. One can occasionally come across variants such as cendol with vanilla ice-cream or cendol topped with durian. In malacca in Malaysia, it's famous as durian cendol.

In Vietnamese cuisine, a similar dish is called chè ba màu or chè thập cẩm.

Source : WikiEnglish

Spoiler for Translatenya:
Cendol dibaca Chendoll. Minuman pencuci mulut asal JAWA, INDONESIA. Tapi populer di Singapore, Thailand, dan M*****SIA. Di Thailand, cendol disebut lorkchorng singapore (harusnya lorkchorng indonesia).
Di Indonesia, banyak pedagang kaki lima yang jualan. Tapi ada yg lebih "fancier" yaitu punya M*****SIA tapi yang original tetep yang MADE IN INDONESIA]. Kalo di Jawa namannya Dawet nih gan.

Terus kalo di M*****SIA, yang jual pedagang India Muslim, kalo di Singapore dijualnya di counter2 gitu deh. Para pedagang India tersebut belajar pada AHLINYA (baca: Orang Jawa yang Tinggal di Indonesia). Terus dibawa deh ke Singapore dan M*****SIA dan mereka jual disana.

Seiring berkembangnya jaman, cendol di M*****SIA sama Singapore udah ditambah topping2 gitu, pake durian lah atau es krim, segala macem. Tapi tetep, kalo mau Cendol2 yang Asli tanpa tambahan topping, original Cendol dan Gula Jawa serta Santan dan Tidak Lupa Es Batu dan Gelasnya. Hanya ada di Indonesia.

Di Vietnam juga ada tuh gan. Namanya Susah. chè ba màu or chè thập cẩm. Tapi kita cukup sebut CENDOL.


Spoiler for WikiIndonesia:
Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula Jawa cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Jawa Tengah minuman ini dikenal dengan nama es dawet.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan.

Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

Source : WikiIndonesia


Ini dia nih versi M*****SIAnya

Spoiler for WikiM*****sia:
Cendol ialah sejenis minuman sejuk yang boleh dijumpai di negara-negara Asia Tenggara.

Ia dibuat dari ramuan kisaran beras (sekarang hanya perlu tepung beras) dan dicampur dgn air jernih dari mendapan kapur sirih kemudian dimasak air beras tadi dan dikacau hingga cairan tapi pekat dan menggelegak. Setelah itu pekatan tadi ditekan ke tin yang ditebuk seperti siraman hujan, maka pekatan tadi terus melalui lubang tersebut dan dibiarkan sejuk didalam bekas air yang disediakan dibawah bekas berlubang tersebut. Bolehlah diwarnakan mengikut warna kesukaan, dahulunya diwarnakan dengan air daun pandan. Ia dihidangan bersama ais, air gula merah dan santan. Tetapi ditokok tambah pula dengan pulut dan susu isian manis.

Sejarah

Nama asal bagi cendol ialah chorn dooi bermaksud tolong. Kerana pada ketika itu hendak membuat cendol amat sukar dan memerlukan pertolongan beberapa orang lain. Chorn dooi diambil dari bahasa Selatan Thailand(Bahasa Melayu Patani), dahulunya Negara Islam Patani. Setelah ditakluki oleh kerajaan siam maka ramai penduduk Negara Patani berpindah ke negeri-negeri di Tanah Melayu dan memperkenalkan sejenis minuman manis.
Source : WikiM*****sia


Spoiler for KasKus:
Cendol adalah reputasi bagus ke seseorang di Kaskus, kalau yg mau jualan banyakin lampu ijo-nya/cendolnya artinya dia banyak disukai orang. kata lainnya GRP (Good Reputation Point). Lawan kata Cendol itu Bata Merah hehehe.

Source : Buka Ini


Mau tau bahan2nya??

Ini Dia

Spoiler for Cendol:


Tambah

Spoiler for GulaJawa:


Tambah

Spoiler for Santan:


Tambah

Spoiler for EsBatu:
x10 tentunya, kalo kebanyakan ya kurangin aja sendiri


Tambah

Spoiler for Gelas:


Jadinya..... Jreng Jreng....

Spoiler for EsCendolIndonesia:
Jangan Lupa Di Aduk ya Gan

Gitu deh Gan,

Ngomong - ngomong gua Haus nih, boleh bagi ???

Tapi gua maunya nyang ASLI INDONESIA 100% Gak Pake Duren, Gak Paje Es Krim, apalagi Kacang. Hehehe

Eh, gua mulai sekarang, kalau mau minta cendol bilangnya minta dawet aja deh (gapenting). Hehehe.

Bonus : Gambar Penjual Cendol

Spoiler for TukangCendol:


Spoiler for AskForCendol:
Quote:
Originally Posted by Shirdi Baba View Post
nah kenapa reputasi di kaskus disebut cendol?
hayo
masa tai bos?? tai kan coklat (gak nyambung) hehe, Wah saya gak tau tuh bos, bukan penjual cendol -__-a Emang kenapa sih disebut cendol?

Komentar :

ada 0 komentar ke “Cendol”

Post a Comment

Silakan memberi komentar di sini, No SARA buat komentarnya

Advertisement

Archive

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN.